Selasa, 28 Juli 2015

Apa itu Feng Shui ?

Sering kali kita dengar, jika kita ingin membangun atau membeli sebuah rumah harus memperhatikan feng shui dan beberapa pertimbangan lain. Nah, apa sih feng shui itu? ada yang tau ga? apakah nama dari orang cina? Hemmm???? daripada bingung kita bahas sekarang aja deh!!!


Feng shui adalah ilmu topografi yang berasal dari negeri tirai bambu (china) dimana ilmu ini mempercayai bagaimana manusia dan surga (asrtronomi), serta bumi (geografi) dapat hidup dalam suatu harmonisasi dalam menjalankan kehidupan. Menurut kepercayaan orang china, alam ini memiliki dua Qi, yaitu Qi baik dan Qi buruk. Qi baik terdapat di alam sebagai energi yang tak terlihat  yang dialirkan oleh angin dan berhenti ketika bertemu dengan air, QI baik yang dipercaya dapat mendatangkan rejeki ini juga dikenal dengan istilah napas kosmik naga. Sedangkan, Qi buruk atau Sha Qi dipercaya mendatangkan nasib buruk bagi manusia. Nah, dari tai kita ngomongin Qi, apa sih Qi???. Qi dalam bahasa indonesia dibaca Chi, artinya adalah kekuatan alam yang bersifat positif dan negatif dan memerankan peran penting atas kualitas feng shui suatu tempat. Jadi, dari ilmu feng shui iniliah kita dapat mengetahui tentang baik buruknya suatu tempat. Menurut penjelasan feng shui tradisional, Qi mencakup orientasi struktur, usia, dan lingkungan, termasuk kemiringan, vegetasi, dan kualitas tanah.

Oke, sekarang kita akan sedikit kupas tentang, Elemen-elemen Fengshui. Menurut orang cina, ada lima elemen feng shui, yaitu :
feng shui

  • Elemen Kayu
Elemen kayu mewakili pertumbuhan dan kreativitas. Kayu mendorong pertumbuhan pribadi dan intuisi meningkat.
  • Elemen Tanah
Elemen Tanah membantu untuk tumbuh dan menstabilkan. Dari semua unsur feng shui, Elemen Tanah adalah elemen yang paling damai, menenangkan, dan stabil. Percantik rumah Anda dengan elemen ini jika Anda mencari landasan, memperkuat, atau memelihara.
  • Elemen Logam
Elemen Logam berhubungan dengan kekuatan mental dan ketajaman. Elemen Logam mempengaruhi kecerdasan.
  • Elemen Api
Elemen Api merupakan transformasi dan ekspansi. Elemen Api adalah elemen yang paling stabil dari semua lima unsur feng shui.
  • Elemen Air

Elemen Air sangat berguna sebagai perilis dan pembaharuan. Gunakan elemen ini untuk kejelasan, relaksasi, inspirasi dan untuk menghadirkan kerelaan.

Nah, sekarang kita sudah sedikit tahu tentang feng shui. Jadi, kenapa Feng Shui berkaitan dengan rumah dan kenapa jika ingin membangun rumah harus memperhatikan fengshui, karena dengan fengshui yang tepatlah dapat dipastikan jika rumah tersebut dibangun dengan Qi yang baik.

Share this

0 Comment to " Apa itu Feng Shui ? "

Posting Komentar